Berbeda dengan karakteristik industri pada umumnya, Industri Kreatif
merupakan kelompok industri yang terdiri dari gabungan berbagai macam jenis industri.
Masing-masing industri tersebut memiliki keterkaitan dalam proses
pengeksploitasian ide atau kekayaan intelektual (intellectual
property), sehingga selain dapat menjadi nilai ekonomi yang tinggi,
juga dapat menciptakan kesejahteraan dan tambahan lapangan pekerjaan yang baru.
Perkembangan Industry
kreatif di Indonesia, bisa dikatakan saat ini sangat baik dan akan terus
berkembang dengan pesat. Ada sekitar 15 subsektor di bidang kreatif yang
menjadi fokus perhatian pemerintah untuk tahun 2015 s/d 2025, ke-15 subsektor
tersebut diantaranya periklanan, arsitektur, seni rupa, kerajinan, desain,
mode, Film,video, & fotografi, permainan interaktif, music, seni
pertunjukan, penerbitan & percetakan, teknologi informasi,
radio&televisi, riset & pengembanggan, dan yang terakhir kuliner.
Industri kreatif lebih
banyak membutuhkan sumber daya ktearif yang berasal dari kreatifitas manusia
daripada sumber daya fisiknya. Menurut data dari Badan Pusat Statistik
(BPS), Indonesia pada tahun 2013 lalu telah menyerap tenaga kerja sebesar
110.801.648 orang. Jumlah ini menurun sekitar 0,01% dibandingkan pada tahun
2012 yang serapan tenaga kerjanya mencapai 110.808.154 orang. Walaupun demikian
sektor ekonomi kreatif sendiri pada tahun 2013 mencapai angka 11.872.428 orang.
Yang apabila dibandingan dengan tahun sebelumnya, hanya sekitar 11.799.568
orang, sehingga diperoleh indikasi bahwa telah terjadi peningkatan sebesar
0,62%.
Bagan diatas
menjelaskan, bahwa ekonomi kreatif, telah mengungguli beberapa industry lainnya.
Hal ini membuktikan bahwa sektor ekonomi Indonesia yang bergerak di bidang kreatif
tidak boleh dianggap remeh, sehingga menjadi fokus perhatian penting pemerintah.
Apabila kita lihat table dibawah ini,menjelaskan bahwa dari tahun ketahun,
ekonomi kreatif dinegara kita mengalami peningkatan.
Untuk Industri permainan interaktif sendiri, juga menjadi hal penting
sebagai penyumbang di bidang ekonomi kreatif. Hal ini menjadikan
permainan interaktif lebih unggul daripada, industry periklanan, pasar
barang seni, dan seni pertunjukan, yang sama-sama bergerak di bidang
kreatif. Permainan Interaktif merupakan industri yang berkaitan dengan
kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang
bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Kelompok permainan
interaktif juga tidak hanya ditujukan sebagai hiburan semata, tetapi
juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.
Semoga kedepannya ekonomi kreatif negara kita bisa memiliki kualitas
serta kuantitas yang lebih baik, sehingga Industri Kreatif di negara
kita memiliki nilai daya saing terhadap negara lain. Dan bisa mengekspor
lebih banyak lagi hasil dari kreatifitas anak bangsa.
Tidak ada komentar: